Selasa, 08 Mei 2012

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN

PAYPAL DAN MEKANISMENYA

Definisi
Paypal adalah cara perorangan dan bisnis mengirim dan menerima uang online. Paypal merupakan salah satu alat pembayaran online yang saat ini paling banyak digunakan oleh orang di dunia. Pengguna internet dapat membeli barang di e-Commerce seperti : ebay, tokobagus , dll, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke sesama pengguna Paypal di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti cek atau money order yang prosesnya dapat memakan waktu. Lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim dan menerima uang. PayPal telah mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan untuk transfer uang online, hampir 95% pembayaran eBay menggunakan PayPal. eBay sendiri menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Hari ini, PayPal telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan lebih dari 153 juta account. PayPal dapat digunakan di 190 negara dan 17 mata uang yang berbeda di seluruh dunia. Namun, saat ini pengguna Paypal di Indonesia baru dapat menggunakan Paypal untuk pembayaran dan mengirim dana saja, belum dapat untuk menerima dana.


Manfaat
Dengan menggunakan Paypal, banyak hal yang dapat kita lakukan, seperti; Mengirim uang ke account Paypal orang lain, withdraw ke rekening Bank local Indonesia, memasukkan rekening bank local Anda pada account Paypal Anda.
Untuk bisa melakukan itu semua, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri untuk mendapatkan account Paypal.

Mekanisme pandaftaran Paypal;
1. Sebelum mulai mendaftar, pastikan Anda memiliki alamat email dan kartu kredit.
2. Pastikan Nama, Alamat, Telepon yang akan digunakan untuk mendaftar sama dengan data pada     kartu kredit.
3. Pilih menu ‘Sign Up’ di www.paypal.com
4. Pada pilihan Negara, pilih Indonesia (karena Anda berada di Indonesia). Lalu pilih tipe account yang diinginkan, untuk pendaftar baru di Indonesia disarankan memilih yang personal account, yg bisa diupgrade nantinya dengan gratis sesuai kebutuhan.
5. Masukkan informasi data, seperti Nama, Alamat, Telp, Email (pastikan sama dengan data pada kartu kredit Anda)
6. Email yang Anda masukan akan menjadi username Paypal untuk login atau bertransaksi kemudian
7. Setelah Anda yakin data yang telah diisikan adalah benar, beri tanda check (✔) pada kotak di bawah User agreement dan Privacy Policy. Lalu tekan Sign Up
8. Anda akan diinstruksikan untuk memasukkan nomor kartu kredit yang akan Anda gunakan untuk memasukkan dana ke account Paypal Anda, jika sudah klik Add Card . Jika Anda tidak ingin memasukkannya sekarang, klik Cancel , Anda akan bisa
memasukkan data kartu kredit kemudian setelah login di halaman My Acoount.
9. Buka email Anda. Anda akan menerima email konfirmasi dari Paypal, klik link kofirmasi yang tertera untuk konfirmasi bahwa Anda adalah pemilik acoount tersebut.
10. Anda akan dibawa kembali ke situs Paypal. Masukkan username (email) dan password yang sebelum telah Anda tentukan. Halaman berikutnya yang tampil adalah halaman My Acccount .
11. Jika sudah memasukkan data kartu kredit di halaman My Account aka nada bacaan Expended option. Anda diinstruksikan untuk menekan tombol Get Number untuk menjadi Verified member Paypal.
12. Anda sudah dapat menggunakan account Paypal anda sekarang juga.

Keuntungan menggunakan Paypal;
1. Cepat
Pembayaran dengan menggunakan Paypal dapat segera dilakukan, tidak perlu keluar rumah seperti halnya jika kita melalukan pembayaran dengan cek atau wesel
2. Rahasia
Paypal tidak memberitahukan informasi keuangan Anda kepada penjual
3. Global
Paypal diterima di seluruh dunia, dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran local atau interlokal
4. Mudah
Mengirim uang ke siapa pun hanya dengan beberapa detik
5. Terpercaya
Pencegahan penipuan terkemuka di industry menjaga keamanan Anda
6. Hemat Biaya
Gratis untuk mengirim uang, dan Paypal terjangkauoleh semua skala usaha.

Kekurangannya :
1. Banyak sekali kriminalitas yang menggunakan popularitas PayPal dengan cara yang tidak bertanggung jawab yaitu mencuri User Id dan Pasword Para member PayPal dan menguras habis isinya.
2. Verifikasi yang sulit yaitu dengan kartu kredit, hal ini yang menjadi pokok utama permasalahan karena tidak semua kalangan mempunyai kartu kredit
3. Keamanan yang sangat ketat sehingga banyak para member yang terkena Limited Acces atau Pembatasan Limit Hal ini terjadi karena Pihak PayPal mencurigai adanya tindakan transaksi ilegal dari para membernya.
4. Proses Pencairan dana yang lama antara 2 s/d 4 hari, Hal. ini menjadi kendala apabila kita membutuhkan uang secara cepat

Disadur dari http://trikblogger.com/pengertian-paypal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar